Wednesday, May 23, 2012

Sambal Goreng Ati Kentang


Alhamdulillah sambal goreng ati kentang dari wulans kitchen disukai dari anak-anak hingga orangtua, keliatannya merah pedes padahal cuma atribut warna ajah biar warna merah jreng pedes sebagai daya tarik. Makan dengan nasi yang hangat ajah duh enak deh, buat temen makan nasi tumpeng atau nasi uduk pas komplit, makan dengan sayur ketupat apalagi.

Sambel goreng ati kentang aku insyaallah awet dibanding sambel goreng ati kentang lainnya, karena tidak menggunakan santan. Ati ayam juga bisa diganti dengan daging atau udang. Tapi sebelum diolah menjadi sambal goreng kentang bahan tersebut harus dimasak terpisah lebih dahulu, seperti daging di rebus hingga empuk dan dipotong-potong, udang kupas yang bersih dan digoreng terlebih dahulu, begitu juga dengan ati ayam, setelah dicuci bersih, direbus dengan potongan jahe dan garam, kemudian di potong-potong baru digoreng. Semua aturan-aturan masak seperti ini membuat masakan kita lebih awet.

Masakan-masakan didalam blog ini sebenarnya tidak ada takaran khusus, biasanya saya masak berdasarkan naluri dan mengandalkan lidahku sebagai perasa. Tapi berhubung banyak yang menanyakan apa resepnya. Saya coba untuk buatkan sesuai dari apa yang saya masak.

Yukk disimak resepnya...karena resep yang saya buat untuk ukuran catering, silahkan dicoba setengah atau seperempat dari resep tersebut.

Sambel Goreng Ati Kentang
Source : wulanskitchen
Served : 10-15 pax

Bahan-bahan:
1.5 kg Kentang, kupas potong kotak2 yang sama besarnya
1 kg Ati ayam, cuci bersih, rebus dengan irisan jahe dan sedikit garam
100 gr pete di potong-potong sesuai selera
6 batang daun sereh, masing2 belah dua tanpa putus
6 batang daun salam
2 ruas lengkuas iris tipis
minyak goreng
1sdt garam
2 sdt gula
1-2 sdt chicken powder atau secukupnya



Bumbu Halus :
20 buah cabe merah besar
15 buah bawang merah
10 buah bawang putih
1 sdm terasi goreng


Cara buat :
1. Kentang setelah dipotong-potong digoreng hingga cukup kering angkat tiriskan.
2. Ati ayam setelah direbus dipotong-potong kemudian digoreng hingga setengah kering, angkat dan sisihkan.
3. Petai yang sudah dicuci dipotong-potong sesuai selera kemudian digoreng, angkat sisihkan.
4. Haluskan bumbu, cabe boleh ditambah atau dikurangi sesuai selera pedas kita. Kalau mau pedas tambahkan cabe rawit merah.
 5. Tumis bumbu halus bersama salam, sereh dan lengkuas dengan minyak yang cukup hingga harum dan wangi, pastikan bumbu digoreng cukup masak tidak ada bau cabe ataupun bawang, masukkan garam, gula, dan chicken powder aduk rata, bila sudah pas rasanya masukkan kentang, ati ayam dan pete, kecilkan api aduk rata.
6. Siap dihidangkan

kalau dah sukses buat kirim-kirim yah..pengen loh sesekali dapat kiriman makanan, tapi kalau mau pesen dari saya juga boleh deh...ga nolak rejeki hihihi...

Met nyoba ya....

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...