Tuesday, May 22, 2012

Martabak Manis



Sudah beberapa kali membaca postingan resep martabak manis, dan begitu banyak resep martabak manis yang ada di luaran. Tapi yang sudah di coba di Wu Lan's Kitchen adalah resep yang amat sangat mudah.

Waktu sale buku Gramedia saya membeli buku khusus pembahasan Martabak Manis ini, dibahas from A to Z. Dan sudah khatam dibaca oleh saya. Wah ternyata inti pembuatan martabak manis itu kuncinya adalah di api pemanggangan. Resepnya sungguh sangat sederhana sekali.



Selain membaca buku tersebut, saya pun googling mengenai resep martabak manis ini, dan dari sekian resep yang ada, yang hampir mirip dengan buku tersebut adalah blognya Mba Nining , perbedaannya hanya didalam buku menggunakan kuning telur saja juga perbandingan terigu dan air.

Nah...sekarang ini saya mau share resepnya Mba Nining dulu ya...nanti resep yang dari buku aku akan update lagi disini.


Martabak Manis

Bahan kulit :
500 gr terigu
750 cc air
50 gr gula pasir
1 butir telur
1 sdm garam halus
1 sdt soda kue

Bahan isi :
chocolate sprinkle (meisis)
gula pasir
kacang tanah yang sudah di hancurkan
keju
susu kental manis (condensed milk)

Cara buat :

1. Ayak terigu letakkan dalam wadah yang cukup besar, masukkan garam, telur, gula aduk rata menggunakan whisk (sendok kawat), tuang air sedikit demi sedikit hingga halus. Bisa juga menggunkana mixer dengan kecepatan rendah/medium.

2. Diamkan adonan tersebut minimal 1 jam, maksimal tiada batasan, asal jangan dibesokin ya bu...hehehe.

3.  Setelah adonan diistirahatkan, masukkan soda kue kedalam adonan aduk rata. Kemudian panaskan cetakan martabak, berhubung cetakan martabak saya blum datang, jadi saya menggunakan pan happycall. Panaskan loyang tsb hingga cukup panas tapi juga tidak terlalu panas. Tuang adonan kedalam cetakan martabak hingga 1/2 penuh, dengan menggunakan sendok sayur dorong adonan ketepi-tepi cetakan untuk membuat kerak adonan.

4. Begitu adonan terlihat sarang-sarang yang sudah mulai matang tuangkan gula pasir, kemudian kecilkan api tsb, tutup biarkan hingga kering.

5. Bila adonan dah kering semua dan sarang-sarang sudah terlihat angkat martabak manis yang sudah matang tersebut, oleskan mentega/butter, isi dengan isian yang kita inginkan, bila sudah lengkap lipat martabak olesi lagi dengan butter, potong-potong siap deh untuk disajikan.
Makan 1 potong pun buatku dah cukup kenyang...


Aku juga pernah buat martabak didalam cetakan kue lumpur, seruu jadinya martabak burger. Tapi loyang kue lumpur jadi lengket setelah dipake buat martabak.

penampakan si martabak burger, personal size.



oh iya..kalau sudah coba jangan lupa kirim-kirim yah kerumahku, eh tapi kalau masih gagal juga...ga nolak koq kalau ada yang pesan hehehe.

selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...