Sunday, March 20, 2011

Lapis Surabaya Irit Telur (Economic Lapsur)

Benernya siy bukan karena merasa rugi buat lapsur yang special (30 telur) tapi karena iseng dan pernah gagal aja, jadi penasaran deh untuk buat lagi.

Awal aku buat lapsur ekonomis ini gagal loh, bukan gagal total  siy, masih bisa dimakan juga koq ...sayang ga di foto hasil akhirnya...udh ga mood.
Next time aku akan foto deh CnB aku yang pernah gagal...tapi suwer loh..baru kali ini aja aku gagal bwt cake, bukan berarti aku jago dan tak pernah gagal...sesekali ada siy, namanya juga belajar pasti ada gagalnya juga. Justru kegagalan itu menjadi penyemangat utk terus mencoba supaya sukses.

Waktu buat lapsur yang gagal itu diambil dari majalah sedap sekejap untuk pemula, ternyata search di internet, bukan aku saja yang gagal...byk para bakul kue juga gagal.

Kegagalan yang membuat aku penasaran pengen nyoba lagi, sekarang mencoba resep yang sudah di modif  yang sudah dipakai banyak para bakul kue..., alhamdulillah sukses...rasanya teteup moist, lebih ringan, ga cepet eneg...sampai orang yang makannya pun g tau kalau itu lapsur irit telur.




 Aku akan posting resep yang gagal aku buat, dan resep yang sudah di modif. Resep yang gagal itu tidak menggunakan cake emulsifier (cake tanpa obat) , jadi memang agak riskan untuk jenis cake yang lembut seperti lapsur ini, harus tau benar cara pengocokan dan cara ngaduk mentega cairnya.

Resep dari Sedap Sekejap Pemula 

Bahan putih :

5 kuning telur
3 putih telur
75 gr gula pasir
35 gr tepung terigu
15 gr susu bubuk
100 gr margarin, lelehkan
150 gr selai strawberry (siap pakai)

Bahan coklat

5 kuning telur
3 kuning telur
75 gr gula pasir
25 gr tepung terigu
15 gr cokelat bubuk
10 gr susu bubuk
1/4 sdt cokelat pasta
100 gr margarin, lelehkan


Cara Buat :

1. Kocok telur dan gula sampai kental
2. masukkan tepung terigu bersama susu bubuk sambil diayak aduk rata
3. masukkan margarin leleh, aduk perlahan hingga rata
4. tuang adonan kedalam loyang 22cmx 3 cm, yang sudah dioles mentega dan dialasi baking paper
5. oven 160'c- 20 menit
6. lakukan yang sama utk lapisan coklat
7. Oles permukaan lapisan kue dgn selai strawberri, tumpuk dengan kue yang putih.



Resep yang sudah di modif : ( yang aku gunakan)

Bahan Putih :

5 kuning telur
3 putih telur
60 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
35 gr tepung terigu
15 gr milk powder
15 gr maizena
100 gr margarin, lelehkan


Bahan coklat :
5 butir kuning telur
3 butir putih telur
60 gr gula pasir
1sdt emulsifier
25 gr tepung terigu
15 gr coklat bubuk
10 gr susu bubuk
15 gr maizena
100 gr margarin, lelehkan

cara buat:
sama seperti resep sebelumnya.


Penggunaaan maizena di resep modif ini untuk melembutkan dan moist tekstur cake. Sedang emulsifier untuk menjaga kestabilan cake supaya tidak turun setelah dipanggang (bantet), dan mengembangkan cake itu sendiri.

8 comments:

  1. emulsifiernya pakai apa ya? thanks a lot yaaaa.... :)

    ReplyDelete
  2. bisa pakai apa aja mba, VX/SP/Ovalet/emulsifier, semua jenis itu adalah sama. Maaf baru mereply.

    ReplyDelete
  3. Adonan yg Putihnya lgsg di bagi menjadi 2 loyang saat mau di Oven, Atau hanya 1 loyang aja, Ntar klo dah masak baru dibagi 2 gitu Mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat dari bentuk dibuat per resep jadi 1 bolu kak

      Delete
  4. aku juga pernah buat lapsur dengan resep ini hasilnya GATOT,waktu itu ikut resep asli ,adonan putih berhasil dalam pengadukan tp waktu di oven bagian bawah kue hampir gosong tp bagian atas belum kecoklatan and masih kelihatan basah,mbak pake oven apa trus bakarnya pakai alas apa ? aku pakai yang kawat trus posisinya di rak tengah

    ReplyDelete
  5. bs g g pke telur.aqx aq alergi telur

    ReplyDelete
  6. Udah dicoba, berhasil dan enak. Aku kasih 4 tetes pewarna Americolor electric yellow dan hasilnya bagus seperti warna kuning telur.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...