Saturday, December 29, 2012

PUTU MAYANG


Setiap libur sekolah, saya dan mba Yayuk selalunya membuat rencana untuk main masak-masakan, karena kalau pas libur sekolah, kami yang benar-benar FTM (Full Time Mom) baru ada waktu senggang untuk bisa explore lebih jauh tentang ilmu perdapuran.
Seperti biasa rencana hanya rencana kapan pelaksanaannya liat situasi dan kondisi saat itu, main masak-masakan kali ini pun baru dibicarakan 2 hari sebelumnya. Dan pilihannya adalah membuat Putu Mayang saos kinca dan Lapis Legit, kemudian kita bagi tugas apa saja yang akan dibeli, hasilnya nanti dibagi 2 deh.
Mau ikutan main masak-masakan dengan kami juga??? yuuukkk....mareeee, tapi kami hanya membatasi hingga 5 orang saja. Karena kalau sudah lebih dari 5 orang nanti tidak efisien, ilmunya ga nyangkut...hehehe.

Eh tapi main masak-masakan ini bukan berarti saya atau mba yayuk dah pinter ya..tapi kita belajar bersama untuk membuat sesuatu yang baru bersama-sama juga, jadi kalau ada gagalnya yaaa dimaklumi saja hehehe. Dari kegagalan itu nanti kita cari sebabnya...besok-besok jadi tau deh dan tidak gagal lagi.

OKE...bicara tentang si Putu Mayang ini, resepnya saya ambil dari blognya Mba Hesti, karena setelah membaca dan mereview beberapa resep, sepertinya ini yang lebih mudah untuk dicoba.

PUTU MAYANG SAOS KINCA
source : Buku  "Aneka Jajan Pasar Populer" Tim Dapur DeMedia

Bahan :
250 gr tepung beras
3   sdm gula pasir (boleh dikurangi)
1 sdt garam
500 ml santan ( saya pakai 1 kotak santan kara yg pack kecil dicairkan hingga menjadi 500ml)
100 gr tepung sagu
1 sdm minyak untuk mengoles daun pisang ( kemaren waktu buat lupa tidak di oles, jadi bisa di skip)
sedikit pewarna merah dan hijau ( jangan terlalu banyak kasih pewarna karena nanti setelah di steam warnanya akan lebih terlihat jelas)

cara buat :

  • Campur tepung beras, gula pasir, garam, dan santan, aduk rata terlebih dahulu, baru kemudian dimasak dengan api kecil  sambil diaduk-aduk hingga menggumpal, kemudian matikan api, angkat. 
  • Taburi sagu sedikit-sedikit dan uleni hingga rata.
  • Bagi adonan menjadi 3 bagian, beri pewarna merah untuk 1 bagian, pewarna hijau untuk 1 bagian, dan sisanya biarkan putih. Aduk hingga rata adonan yang diberi pewarna. Kemudian tutup adonan dengan serbet ataupun plastik supaya tidak kering.
  • Masukkan adonan kedalam cetakan putu mayang, letakkan diatas daun pisang yang sudah diolesi minyak.
  • Kukus selama 5-10 menit jangan terlalu lama nanti akan hancur.
  • angkat, siap disajikan dengan saos kinca. 
Bahan Saos Kinca :
200 gr gula merah
2 sdm gula pasir
500 ml santan
1 lbr daun pandan

cara buat :
keseluruhan bahan dimasak bersama, aduk sesekali supaya santan tidak pecah.

Note :
  • Saos kinca ini menurutku terlalu manis, kental dan gurih, jadi saranku, gula pasirnya bisa di hilangkan atau dikurangkan
  • untuk santannya,  cukup mencairkan 100 ml dari 1 pack santan kara menjadi 500 ml santan cair.

Naahh...kemaren kami menggunakan cetakan ini, untuk mencetak mie putu mayangnya...lumayan perlu tenaga untuk menekan adonan supaya bisa keluar.
Kalau tidak punya cetakan ini, jangan khawatir bisa menggunakan plastik yg dipotong ujungnya, tapi karena lubangnya hanya satu pastinya jadi lama.
OK temans, selamat mencoba ya...


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...