Monday, January 5, 2015

Olio e Aglio






Salah satu jenis masakan tradisional yang berasal dari Napoli,Itali ini dengan nama Spaghetti Olio e Aglio ini artinya "Spaghetti dengan garlic(bawang putih) dan oil (Olive oil)". Salah satu jenis masakan itali yang sangat mudah dimasak, dengan menyesuaikan selera kita. Bisa menggunakan seafood, beef, ayam atau dijadikan salad. Karena saat ini dirumah ada stock smoke beef maka itulah yang saya gunakan.

Garlic atau bawang putih yang sudah di chop atau di cacah halus, ditumis dengan olive oil. Gunakan api yang medium dalam memasak yang mengggunakan olive oil, jangan menggunakan api besar atau minyak hingga panas, karena akan merusak khasiat dari olive oil itu sendiri. Cukup di tumis bawang putih hingga harum, jangan sampai berwarna kekuningan karena nanti akan timbul rasa pahit. Biasanya ditambahkan dengan chili flakes atau cabe kering yang sudah dihaluskan, tapi ini pun bisa diganti dengan chili atau cabe fresh yang ada dirumah, kepedasaannya juga disesuaikan dengan selera kita, kalau mau pedas gunakan cili padi atau cabe rawit yang telah diiris. Daun parsley yang segar digunakan untuk garnish atau bisa juga daun parsley yang sudah dikeringkan, beberapa jenis spaghetti ini ada yang menambahkan taburan keju parmesan, walaupun resep aslinya tidak menggunakan taburan keju.

Kalau dijual di restaurant atau cafe lumayan mahal juga harganya, kalau buat sendiri tentu lebih murah dan bisa masak untuk seluruh keluarga. Apalagi kalau saya makan spaghetti ini di restaurant tidak bisa banyak, karena terlalu oily, meskipun menggunakan minyak sehat olive oil, lambungku suka tidak bersahabat. Jadi kalau buat sendiri si olive oilnya bisa dikurangkan sesuai selera.

Spaghetti OLIO e AGLIO

Bahan :

450 gr spaghetti kering
1/2 cup (125 ml) olive oil, bisa dikurangkan penggunaannya
6 buah garlic di cincang halus 
100 gr smoke beef potong-potong sesuai selera
garam, lada bubuk, chicken powder, dan parsley secukupnya.

Cara membuat :

  1. Masak air hingga mendidih, apabila sudah mendidih masukkan spaghetti kering masak hingga matang tambahkan garam dan minyak olive oil. Kalau sudah matang (cukup lembut untuk di gigit) angkat tiriskan.
  2. Tuang minyak olive oil kedalam pan, kalau bisa gunakan pan anti lengket (teflon), kemudian masukkan bawang putih cincang, gunakan api medium-kecil, masak hingga wangi bawang putih, kemudian masukkan chili potong tadi, aduk sesekali, masukkan smoke beef, aduk rata. 
  3. masukkan spaghetti yang sudah ditiriskan tadi kedalam pan, aduk rata, tambahan garam, lada bubuk, chicken poweder dan parley. Test rasa, kalau dah pas rasanya matikan api.
  4. Letakkan spaghetti kedalam wadah hias dengan daun parsley yang segar, siap disajikan.

Selamat mencoba 


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...