Friday, January 2, 2015

MARTABAK BOLU

MARTABAK BOLU



Kali kedua mencoba resep dengan judul Martabak Bolu, saya coba karena lagi hot topics di salah grup masak. Tergiur dengan sarang-sarangnya yang cantik rapih jadi tergoda untuk mencoba.
Resep Martabak Bolu ini adalah resep martabak yang menggunakan ragi atau fermipan. Setelah saya coba ternyata saya kurang suka dengan martabak bolu ini, pertama karena masih tercium bau ragi atau fermipannya, kedua rasanya lebih kepada pancake. Sensasi kenyal pada umumnya martabak tidak ada. Ketiga, rupanya sarang martabak bolu ini lebih halus-halus sarangnya. (lihat pada gambar)






Tapi semua kembali ke selera asal masing-masing hehehe, kalau saya baca di grup masak tersebut banyak sekali yang menyukainya.. tapi saya salah satu yang kurang suka. Buat pembaca blog saya kalau mau nyoba bereksperimen silahkan saja tidak  ada ruginya koq mencoba ;) buat nambah-nambah pengalaman jadi tau dimana bedanya hehehe...


MARTABAK BOLU ala Rina Rinso


Bahan :
250 gr terigu serba guna
80 gr gula
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt fermipan/saf/ ragi instan

300 ml susu cair plain
1/2 sdt garam
3 butir telur
50 gr margarin atau mentega, cairkan

Cara membuat :
1. Campur terigu, gula, fermipan, dan baking powder, aduk rata.
2. Masukkan susu cair, aduk rata. Istirahatkan 30 menit.
3. Setelah 30 menit masukkan telur, garam, dan mentega atau margarin cair, adukrata.
4. Panaskan cetakan martabak. Setelah panas tuang adonan. Apabila adonan mulai berlubang tutup cetakan dan masak hingga matang.
5. Setelah matang beri SKM (Susu Kental Manis) taburi dengan meises, keju, kacang, dll sesuaiselera.

Untuk pakem membuat martabak bolu ataupun martabak manis sama saja. Harus memperhatikan panas loyang yang pas, selain menggunakan cetakan martabak bisa juga menggunakan teflon, happy call, ataupun cetakan kue lumpur yang menjadikannya si martabak mini.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...