Saturday, December 10, 2011

Strawberry CheeseCake



Merah...ciri khas strawberry yang menggiurkan...
sepotong tak cukup rasanya untuk makan strawberry cheesecake ini....apalagi kalau disajikan dengan cake yang dingin semriwing....hmm pasti akan tambah dan tambah terus termasuk tambah berat badan...hehehe


Resep yang aku ambil dari Blueberry cheesecakenya NCC....cuma untuk topping aku ganti dengan strawberry...
cheesecake ini request anak sulungku yang bday 13 tahun kemaren...(ga nyangka dah punya teenager). Dia seneng banget dengan cheesecake persis seperti daddynya,  kebanyang-bayang waktu makan rame-rame dengan sepupu dan tantenya sewaktu dijakarta, dikemacetan jalan makan strawberry cheesecake dimobil rame-rame didalam satu kontainer...wuihhh....rasanya sudah terbayar dengan makan cheesecake buatan sendiri yang tak kalah enaknya dgn buatan factory.....


Kelembutan cheesecake yang dihasilkan dari teknik bakar Au Bain Marie ini..memang benar-benar lembut...kerepotan double-double loyang waktu steam bake ini , terbayar juga...
lihat deh tumpukan loyang aku sewaktu ngesteam-bake ini....

loyang yang paling bawah itu yang diisi air, ini aku tampilkan tumpukan loyang yang baru saja aku keluarkan dari oven, tampilan atas cake setelah matang....cukup rata matangnya.

Naaaahhhh begitu dibuka dari loyangnya..seneng liat tampilannya yang mulus....



Cheesecake sebaiknya dihidangkan esok harinya...supaya bener-bener makyusss.....

"sepotong yang tak pernah cukup....."


CHEESE CAKE
source : NCC

Bahan :
250 gr biskuit coklat
100 gr margarine lelehkan
1/2 sdt vanilla bubuk
200 gr gula pasir
4 butir telur
1 kg cream cheese
250 gr sour cream
250 ml whipped cream( bisa di skipped)
1 sdm gula halus ( bisa di skipped)
250 gr selai blueberry/strawberry

Cara Membuat :
1. Siapkan loyang bongkar pasang diameter 24 cm, olesi mentega. Jika tidak ada loyang bongkar pasang, bisa menggunakan loyang biasa, yang kemudian dilapisi keseluruhannya dengan alumunium foil.
2. Hancurkan biskuit hingga halus, boleh menggunakan food processor atau blender, kemudian masukkan margarine leleh dan vanilla bubuk, aduk rata.
3. Masukkan adonan biskuit kedalam loyang, sebagai bagian dasar cheese cake, ratakan dan tekan-tekan hingga padat,  kemudian masukkan kedalam kulkas, dinginkan selama proses pembuatan cream cheese atau minimal 10 menit.
4. Kocok gula dan telur dengan mixer kecepatan tinggi hingga kental, masukkan cream cheese dan sour cream kocok terus hingga tercampur dengan rata. *) untuk proses yang lebih baik, kocok cream cheese di dalam wadah yang lain, kocok hingga lembut.
5. Tuang adonan cream cheese tersebut kedalam loyang biskuit, ratakan, kemudian panggang dengan cara steam. Selama 90 menit atau hingga matang.
6. Setelah matang, angkat dan dinginkan di luar, bila sudah tidak panas kemudian dinginkan didalam lemari es minimal 3 jam sebelum dihidangkan.
7. Sementara itu kocok whipped cream dengan gula halus hingga kental sisihkan, whipped cream ini adalah berfungsi sebagai hiasan, jadi boleh dibuat atau tidak tergantung kepada kita.
8. Bila ingin disajikan, keluarkan cake dari chiller, kemudian lepaskan dari loyang bongkar pasang, kemudian tuang selai bluberry/strawberry, hias dengan aneka buah dan whipped cream.
9. siap disajikan.

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...