Sunday, October 10, 2010

Perkedel Kentang



Siapa yang ga kenal perkedel...pasti semua sudah tau. Tapi kalo saya selalunya buat tanpa daging/ayam, jadi bener2 kentang saja...untuk rasa? teteup masih enak ko

Bahan-bahannya :

1 kg    kentang, kalo bisa kentang tes ( kentang yang berwarna kuning)
1 butir telur untuk campuran kentang
1 butir telur untuk celupan
3-5 siung bawang putih
1- 2 btg   daun bawang/seledri
garam, lada, dan kaldu bubuk secukupnya
minyak goreng secukupnya


Cara buat :
  1. kupas kentang, kemudian potong2, goreng hingga kuning/matang, angkat tiriskan, kemudian haluskan selagi panas/hangat dengan ditumbuk atau di tekan2 menggunakan garpu.
  2. bawang putih utuh digoreng sebentar berbarengan sewaktu menggoreng kentang, kemudian haluskan,masukkan  kedalam adonan kentang, masukkan telur juga bumbu-bumbu lainnya aduk rata, kemudian masukkan irisan daun bawang/seledri lakukan test rasa.
  3. Bentuk adonan bulat pipih atau sesuai selera, sekiranya adonan terlalu lembek diamkan dahulu kurleb 30 menit, atau masukkan kedalam kulkas.
  4. Panaskan minyak, gunakan api sedang, sebelum digoreng adonan perkedel yang sudah dibentuk dicelupkan dulu kedalam kocokan telur hingga rata, kemudian langsung goreng kedalam minyak yang sudah cukup panas. Goreng hingga kecoklatan atau matang.

Note :
Perkedel yang sudah dibentuk bisa diinapkan 1 malam untuk digoreng esok paginya. Keluarkan perkedel dari kulkas kemudian diamkan didalam suhu ruang hingga tidak dingin, baru siap digoreng.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...