Wednesday, July 11, 2012

Red velvet Cake (RVC)



Sepertinya dah telat kali yah untuk update Red Velvet...(muka sedih) soalnya lupaaaa terus mau posting. Some times need time to update my blog. Sedangkan aku banyak wara wiri sana sini.

Seperti biasa untuk mencoba resep baru aku selalu mencari, membaca dengan teliti dan seksama, terus dianalisa...halah dah seperti peneliti kelas tinggi hihihi. Eh tapi bener loh...buat cake juga bener-bener harus di analisa. Karena mulai dari telur hingga bahan lainnya ada ikatan kimia.
Untuk itu ukurannya pun harus tepat. Kalau tidak bisa bantet, teknik-teknik pengolahanpun perlu sekali dikuasai dan dipelajari. Nanti kalau dah tau jadi bisa berkreasi atau menghasilkan karya sendiri.

Eh...mau cerita tentang RVC kok malah ngelantur...ok back to topic. AKu pernah ngobrol-ngobrol dengan salah satu chef tentang aneka cake-cake international. Dia bilang aslinya RVC itu tidak merah, melainkan chocolate, itu sebab dalam resep RVC menggunanakan Chocolate Powder. Mau lengkap baca ceritanya tentang si RVC?  klik ini ajah origins-of-red-velvet-cake

Resep dasarnya aku ambil dari blognya Mba Ria, tapi aku akan posting resep yang biasa aku gunakan saja ya...

RED VELVET CAKE
source: Icip-icip didapur
modified : wulans kitchen


Bahan A :

385 gr flour
55 gr cocoa powder
1.5  sdt garam
 

Bahan B :
475 ml minyak goreng
400 gr gula halus (castor sugar)
3 butir telur
1.5 sdt vanila bubuk

Bahan C:
300 gr buah bit
200 cc air

Bahan D:
295 ml fresh milk (UHT Milk)
2 sdm air jeruk nipis
pewarna merah secukupnya ( bisa di skip)

Bahan E :
2 sdt soda bikarbonat (soda kue)
2.5 sdt air jeruk nipis


Cara buat :
1. Siapkan 3 buah loyang bulat ukuran 23-24 cm (9") atau kotak 9"x9", alasi dengan kertas roti/baking paper. Bila menggunakan loyang bulat 23cm (9") cake akan lebih tebal.
2. Siapkan Bahan C, kupas bit, cuci bersih, potong-potong kecil kemudian blender dengan air. Tuang hasil blenderan tersebut kedalam panci kecil, kemudian masak hingga menjadi setengah dari sebelumnya. Kemudian angkat, saring ambil air juice bit tersebut 100 ml. Kemudian diamkan hingga dingin sebelum digunakan.
3.Siapkan Bahan A, campur semua bahan kemudian ayak, sisihkan
4. Siapkan Bahan D, campur susu dengan air jeruk nipis, aduk rata hingga pekat, kemudian diamkan kira2 10 menit nanti hasil pencampuran ini susu akan menggumpal seperti yogurt, hasil pencampuran ini disebut BUTTERMILK. Buttermilk ini pun sudah ada yang siap digunakan dijual didalam kemasan box/karton. Kemudian campurkan pewarna merah aduk rata kembali. Sisihkan.
5. Bahan B, Kocok minyak dan gula halus hingga rata, kemudian masukkan telur satu persatu hingga tercampur rata, kemudian masukkan vanilla bubuk, aduk rata.
6. Masukkan bahan C kedalam adonan tadi, aduk rata kembali.
7. Masukkan bahan A, aduk rata
8. Masukkan bahan D, aduk rata kembali
9. masukkan bahan E, yaitu soda kue terlebih dahulu baru kemudian air jeruk nipisnya. Bahan E ini adalah bahan yang terakhir dimasukkan kedalam adonan. BIla sudah dimasukkan bahan E tersebut aduk rata dengan cepat kemudian tuang kedalam loyang, dan langsung di panggang. Tidak boleh ditunda.
10. Panggang  dengan api sedang atau hingga matang, angkat keluarkan dari loyang, biarkan dingin.

CHEESE FROSTING

Bahan :
250 gr cream cheese
100 gr butter
150 gr gula bubuk
470 ml fresh cream(whipped cream)

cara buat :
1. Diamkan cream cheese hingga suhu ruang, kemudian kocok bersama gula dan butter. Kocok hingga lembut.
2. Kocok whipped cream hingga kaku, kemudian campur kedalam adonan butter dan cream cheese tadi, aduk rata atau mixer dengan low speed.
3. siap digunakan


CARA PENYUSUNAN CAKE

Ambil satu lembar cake, olesi dengan cream cheese tadi tutup kembali dengan cake, kemudian olesi kembali dengan cream cheese. Tutup kembali dengan cake terakhir. Kemudian cover keseluruhan cake dengan cream cheese. Dingin kan terlebih dulu didalam kulkas baru siap disajikan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...